• Pondok Pesantren Al-Fatah didirikan oleh KH. Aceng Royani (Alm.) sejak tahun 1960 M / 1379 H
Zaman telah berubah, Santri tak cukup hanya bisa Ngaji tapi juga perlu diimbangi dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Keterampilan yang Mumpuni..

Tidak Ada Dikotomi Antara Ilmu Umum dan Agama

Menteri Agama H Suryadharma Ali mengatakan, tidak ada dikotomi atau pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama. Keduanya harus dipadukan dan musti diintegrasikan sebagai sumber ilmu yang satu dari Allah SWT.

"Al-Quran mengandung ajaran yang berkaitan dengan akhirat dan memberikan sinyal kuat yang komprehensif. Jadi memisahkan ilmu yang satu dengan yang lain itu suatu kekeliruan. Kalau belajar ilmu itu jangan sepotong-sepotong," kata Menag.

Menurut Menag, ilmu umum dan agama harus diintegrasikan sebagai sumber ilmu dari Allah SWT. Al-Quran mengajarkan kepada kita berkaitan dengan akhirat, memberikan sinyal kuat dan komprehensif. Jadi, memisahkan satu dengan yang lain itu suatu kekeliruan.

Dia menjelaskan, memperpadukan dua bidang ilmu (agama dan umum) itu sangat mutlak. Namun, harus diiringi semangat untuk meningkatkan kualitas umat, sekaligus memecahkan masalah yang dihadapi umat. 

Sumber: Pendis.Kemenag.Go.Id | 19 Oktober 2010

Artikel Terkait:

0 komentar :

Posting Komentar